Minggu, 14 April 2013

PENUNDAAN UJIAN NASIONAL SMA/SEDERAJAT 2013

MAKASSAR– Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2013 tingkat SMA sederajat yang rencananya digelar Senin, 15 April, dipastikan ditunda hingga Rabu (17/4) mendatang.

Penundaan disampaikan Kemendikbud kepada Universitas Hasanuddin selaku Tim Pengawas Independen UN Sulsel, tadi malam. “Keputusan penundaannya disampaikan melalui faks. Unhas bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan menunda UN karena terkendala distribusi soal,” jelas Humas Universitas Hasanuddin (Unhas), Iqbal Sultan kepada KORAN SINDO tadi malam. Dia menegaskan, kesalahan tersebut murni dari percetakan yang memenangkan tender soal dan lembar jawaban UN. Sebelumnya, Dinas Pendidikan Nasional Sulsel menyatakan belum menerima lembar soal dan lembar jawaban yang dicetak di Bogor, Jawa Barat. Akibatnya, pendistribusian soal dari Disdik Sulsel ke Disdik kabupaten/kota otomatis terlambat.
"Semua naskah soal dicetak oleh PT Ghalia Indonesia Printing di Bogor. Sampai saat ini, belum ada kepastian pengiriman soal dari sana," kata Pelaksana Tugas Kepala Disdikbud Sulsel Abdullah Djabbar kepada Tribun Timur.
Menurut Djabbar, ini terjadi akibat sentralisasi cetakan soal yang diambil alih Kemendikbud. Dalam dua tahun terakhir, proses cetak naskah soal diambil alih pusat.
Tahun lalu, naskah soal UN untuk wilayah Sulsel dicetak di Semarang, dan tidak ada keterlambatan. Saat ini, Disdikbud Sulsel hanya menerima kepastian distribusi soal untuk SMK.
Provinsi yang mengalami penundaan masing-masing Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.
“Untuk provinsi lain tidak ada perubahan, dilaksanakan sesuai jadwal  semula, yakni Senin, 15 April”, tegas  Ibnu Hamad di situs Setkab,  Sabtu (13/4/2013).
Ibu Hamid menjelaskan, penundaan ini hanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia saja. Adapun jadwal UN mata pelajaran lain akan berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
“Jadwal UN mata pelajaran lain berlangsung sesuai jadwal atau  tidak mengalami perubahan jadwal,” tegas Ibnu Hamad.
Sementara itu, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan resmi menunda pelaksanaan UN 2013 dengan mengeluarkan jadwal baru. UN hari pertama sedianya digelar Senin besok, namun ditunda menjadi Rabu (17/4/2013).
Berikut Jadwal UN Sulsel 2013 terbaru:
Jadwal UN 2012/2013
SMA/MA
* Senin (15/4) menjadi Jumat (19/4)
IPA : Bahasa Indonesia
IPS : Bahasa Indonesia
Bahasa : Bahasa Indonesia
MA : Bahasa Indonesia
SMK Bahasa Indonesia
* Selasa ( 16/4) menjadi Senin (22/4)
IPA : Fisika dan Bahasa Inggris
IPS : Ekonomi dan Bahasa Inggris
Bahasa : Bahasa Asing dan Bahasa Inggris
MA : Tafsir dan Bahasa Inggris
SMK : Bahasa Inggris
* Rabu (17/4)
IPA : Matematika
IPS : Matematika
Bahasa : Matematrika
MA : Matematika
SMK : Matematika
* Kamis (18/4)
IPA : Kimia dan Biologi
IPS : Sosiologi dan Geografi
Bahasa : Antropologi dan Sastra Indonesia
MA : Fikih dan Hadist.

Tidak ada komentar: